Sabtu, 30 Juli 2011

rrenungan hati



Menjadi orang pemaaf dan penyabar

Sifat ini adalah sifat menonjol yang harus ada pada diri seorang muslim. Nabi Muhammad S.A.W mengajarkan bahwa sesungguhnya seorang hamba dapat meraih derajat orang yang banyak melaksanakan puasa dan qiyaamullail dengan sifat pemaaf. Allah telah berfirman dalam surat Az Zumar : 10
……………..sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.
10 sarana membentengi diri dari masuknya setan :
Sudah merupakan perjanjian bahwa iblis akan selalu menggoda anak adam sampai hari akhir datang, ada banyak pintu yang dapat digunakan setan untuk masuk dalam jiwa anak adam untuk menyesatkan dan menjauhkan mereka dengan Allah dan diantaranya ada 10 golongan sifat dimana setan dapat masuk :
1. Ambisi dan buruk sangka, sifat semacam itu dapat kita hadapi dengan cara percaya bahwa semuanya sudah ada jalan masing-masing kita disuruh untuk ikhtiar dan berdoa. Dan percaya bahwa segala sesuatu yang diberikan oleh Allah adalah yang terbaik dan pasti ada hikmahnya.
2. Kecintaan pada hidup dan panjang angan-angan, yang semacam ini dapat kita hadapi dengan cara kita yakin bahwa kita pasti akan mati dan juga terhadap datangnya kematian yang tidak tahu kapan akan terjadi pada kita.
3. Keinginan untuk santai dan bersenang-senang, yang semacam ini dapat kita hadapi dengan kita menyadari bahwa Allah sewaktu-waktu bisa mencabut nikmat kita dan keburukan akan hisab.
4. Bangga diri, jika sifat ini muncul maka dapat kita hadapi dengan mengingat karunia yang diberikan oleh Allah kepada kita dan takut akan akibat yang menimpa kita jika kita melakukannya.
5. Meremehkan dan kurang menghargai oranglain, sifat ini dapat kita hadapi dengan kita mengetahui bahwa mereka hak dan kehormatan yang mereka miliki
6. Dengki, sifat ini dapat dihadapi dengan cara menerima dengan lapang dada dan rela dengan pembagian yang diberikan Allah S.W.T. kepada setiap makhluk-Nya
7. Riya dan keinginan dipuji manusia, hadapilah sifat tersebut dengan keikhlasan
8. Kikir, hadapilah dengan menyadari bahwa semua yang kita miliki akan sirna dan pahala yang ada di sisi Allah adalah bersifat kekal.
9. Sombong, hadapilah dengan bersikap rendah diri
10. Tamak, hadapilah dengan percaya bahwa apa yang ada di sisi Allah dan sikap zuhud terhadap apa yang dimiliki manusia, tetapi tamak dalam beribadah sangat dianjurkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yoo, yang mau coment monggo